Header Ramadhan Indischool

5 Hal yang Membatalkan Puasa

Kamis, 2 Juni 2016 - 12:32 356

Gaes, gaes…

Pada puasa kaga, 

Udah tau belom hal apa saja yang membatalkan puasa. Yuk disimak biar puasanya makin afdhol:

1. Makan dan minum dengan sengaja.

Yang dimaksud dengan makan dan minum yang membatalkan puasa adalah masuknya zat makanan ke dalam perut (lambung) dan dapat menguatkan tubuh (mengenyangkan).

Jadi kalo yang dimakan adalah nasi padang, tentu puasanya batal. Lain halnya kalo misal ketelen tinta pulpen, tentu tidak batal, karena tinta tidak termasuk zat makanan dan bukan merupakan sumber nutrisi bagi tubuh.

Lalu gimana kalo misalnya kita lupa atau makan dan minum dengan tidak sengaja?

-Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila seseorang makan dan minum dalam keadaan lupa, hendaklah dia tetap menyempurnakan puasanya karena Allah telah memberi dia makan dan minum.”- (HR. Bukhari no. 1933 dan Muslim no. 1155)

2. Muntah dengan sengaja.

Pernah ga pas puasa kita rasanya mual? Bisa karena kecapean, masuk angin, karena ada bau ga enak, dan hal lainnya yang bisa bikin kita muntah. Nah kalo muntahnya disengaja, apapun caranya, puasanya batal. Kalo muntahnya ga sengaja dan memang ga bisa ditahan maka puasanya ga batal gaes.

Yuk kita simak hadits nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa salam berikut,

-Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shollallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Barangsiapa yang muntah dengan tidak disengaja sedangkan dia dalam keadaan puasa, maka tidak ada qadha’ baginya. Namun apabila dia muntah (dengan sengaja), maka wajib baginya membayar qadha’.”- (HR. Abu Daud no. 2380, Ibnu Majah no. 1676 dan Tirmidzi no. 720)

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

3. Haidh dan Nifas.

Wanita yang sedang haid (menstruasi) dan nifas (masa pemulihan setelah melahirkan, dimana darah keluar dari rahim wanita selama 40 – 60 hari setelah proses melahirkan) dibolehkan tidak berpuasa. Jika haid dan nifas didapati di pertengahan siang hari ketika berpuasa, maka puasanya batal.

-Dari Abu Sa’id Al Khudri radhiyallahu ‘anhu ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya mengenai sebab kekurangan agama wanita, beliau berkata, “Bukankah wanita jika haidh tidak shalat dan tidak puasa?”- (HR. Bukhari no. 304 dan Muslim no. 79)

4. Berhubungan seks di siang hari bulan Ramadhan.

Yang dimaksud berhubungan seks disini adalah termasuk juga anal seks dan oral seks. Berhubungan seks di siang hari ketika berpuasa menjadi penyebab batalnya puasa meskipun tidak sampai keluar mani.

Sedangkan apabila dilakukan karena lupa dan tidak mengetahui haramnya maka puasa tidak batal sebagaimana ketika makan tidak sengaja tidak menyebabkan puasa menjadi batal.

Dasar yang menunjukkan bahwa berhubungan seks di siang hari termasuk pembatal puasa adalah firman Allah subhanahu wa ta’ala,

“Dihalalkan bagi kamu pada malam hari bulan puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu, mereka adalah pakaian bagimu, dan kamupun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi ma'af kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan ikutilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam, (tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beri'tikaf115 dalam mesjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertakwa.” (QS. Al Baqarah : 187)

5. Keluar mani karena bercumbu dan masturbasi.

Yang dimaksud dengan bercumbu disini adalah dengan bersentuhan seperti ciuman tanpa ada pembatas. Sedangkan masturbasi adalah mengeluarkan mani menggunakan tangan.

Nah kalau misal keluar mani karena mimpi basah batal ga ya? Engga dong, karena  menurut fatwa Syaikh Ibnu Bazz rahimahullah, mimpi basah tidak membatalkan puasa karena bukan merupakan keinginan kita sendiri, namun tetap diwajibkan untuk mandi wajib setelah mimpi basah ya gaes.

Nah itu tadi 5 hal yang bisa bikin puasa kita batal . Mudah-mudahan puasa kita semua bisa lancar dan diterima sama Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin.

Baca juga:

(m/ram)

TULISAN TERKAIT

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.