Header Ramadhan Indischool

5 Keistimewaan Bulan Ramadhan

Selasa, 23 Oktober 2018 - 0:42 127

Bulan suci Ramadhan menjadi salah satu bulan yang sudah pasti dinanti oleh umat muslim. Mengapa? Karena di dalamnya terdapat beragam keistimewaan yang tidak dimiliki oleh 11 bulan lainnya.

1. Diturunkannya kitab suci Al Qur’an

Allah SWT, berfirman : “Beberapa hari yang ditentukan itu ialah bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan ) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda ( antara yang hak dan yang bathil)” ( Al Baqarah : 185 )

2. Dibukanya pintu langit

Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, “Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu – pintu langit dibuka, sedangkan pintu – pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu.”

3. Turunnya malam Lailatul Qadr

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu Apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan Malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) Kesejahteraan sampai terbit fajar“ ( Al Qadr : 1-5 )

Malam Lailatul Qadr biasanya pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan di hari ganjil. Jadi, silahkan mengejar malam seribu bulan ini. Siapa tahu Anda salh satu orang yang mendapat keistimewaan untuk bisa menjumpainya.

4. Bulan mustajabnya doa dan penuh berkah

Selama bulan Ramadhan, Allah menjanjikan mustajabnya doa bagi mereka yang bersungguh-sungguh memohon kepada-Nya.

Selain itu, diriwayatkan oleh An Nasai dan dishahihkan oleh Albani, “Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan penuh berkah“

5. Bulan penuh pengampunan

Sebagaimana hadits berikut :

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

من صام رمضان إيماناً واحتساباً غُفر له ما تقدم من ذنبه

“Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan dengan penuh iman dan mengharap pahala, maka akan diampuni dosa – dosanya yang telah lalu“ (diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim)

(Idr/Foto: Shutterstock)

 
TULISAN TERKAIT

JADWAL IMSAKIYAH

23 Oktober 2018

Copyright © 2018 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.