Header Ramadhan Indischool

Apakah Menangis Bisa Membatalkan Puasa?

Selasa, 23 Oktober 2018 - 0:43 290

Menangis adalah sifat alami manusia ketika sedang merasa sedih. Namun, benarkah menangis saat berpuasa bisa membatalkan puasa seseorang? Agar lebih jelas, ini hukumnya!

Untuk menjawab apakah menangis bisa membatalkan puasa, terlebih dahulu kita harus mengenal hal-hal yang membatalkan puasa, seperti makan dan minum dengan sengaja ataupun berhubungan suami istri di siang hari.

Selain itu, adapun hal-hal yang bisa menyebabkan puasa yang kita jalani menjadi batal, seperti: Murtad, atau keluar dari agama Islam. Haid, nifas atau melahirkan bagi wanita. Pingsan, gila, atau hilang akal/ingatan. Mabuk karena minuman keras yang disengaja. Muntah disengaja.

Dari penjelasan diatas, menangis tidak disebutkan sebagai hal yang membatalkan puasa. Ketua Lembaga Dakwah PBNU, KH Maman Imanul Haq mengatakan, seperti yang dikutip dari cnnindonesia.com, menjelaskan, menangis tidak akan membatalkan puasa seseorang. Tangisan seseorang menandakan jika ada sesuatu yang sedang dialaminya. Jangkan saat duka bahkan saat bahagia kita pun mengucurkan air mata.

Yang dikhawatirkan adalah ketika air mata yang menetes justru tertelan dan masuk ke dalam mulut, maka puasa menjadi batal. Namun, selama air mata yang turun tidak masuk ke dalam mulut, seseorang tidak batal dalam berpuasa.

Sementara itu, untuk meluruskan opini yang menyebutkan kalau menangis itu bisa membatalkan puasa, Ustadz Felix Siauw meretweet seperti ini :“Banyak salah kaprah bilang nangis itu batal | padahal nangis itu nggak batalin puasa | kecuali nangis sambil makan ayam gureng.”

Ia juga menerangkan tentang menangis ketika sholat.

“Banyak salah kaprah juga bilang kalo shalat nggak boleh nangis | padahal Abu Bakar hampir tiap shalat baca Al-Qur’an menangis.”

Nah, semoga bisa memberikan pencerahan terkait hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa ya! (idr/Foto:Shutterstock)

 

 

 
TULISAN TERKAIT

JADWAL IMSAKIYAH

23 Oktober 2018

Copyright © 2018 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.