Header Ramadhan Indischool

Manfaat Puasa Ramadhan

Sabtu, 15 Desember 2018 - 22:12 423

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu oleh umat islam. Di bulan ini umat islam menjalankan kewajibannya berpuasa ramadhan. Kewajiban umat islam berpuasa ini, selain untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT juga bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat berpuasa?

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Saat berpuasa, tubuh kita mengalami peningkatan limfosit. Limfosit adalah salah satu jenis sel darah putih yang berfungsi untuk membantu sistem daya tahan tubuh. Saat puasa, limfosit bisa naik hingga 10 kali lipat. Sehingga berpuasa akan menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Menurunkan kolesterol dalam tubuh

Orang yang berpuasa akan mengalami penurunan kadar kolesterol jahat dalam darah. Dengan menurunnya kadar kolesterol jahat dalam darah, maka risiko penyakit jantung maupun stroke pun berkurang.

Meningkatkan fungsi otak

Orang yang berpuasa mengalami penurunan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal, hal ini akan menurunkan tingkat stres yang dialami. Selain turunnya hormon kortisol, tubuh juga memproduksi sel otak lebih banyak, sehingga kinerja otak menjadi meningkat.

Menetralisir racun dalam tubuh

Selama berpuasa, tubuh melakukan detoksifikasi dari sistem pencernaan. Saat tubuh menggunakan cadangan lemak untuk membentuk energi, cadangan lemak akan membakar setiap racun berbahaya yang ada di dalam tubuh.

Mengontrol berat badan

Ketika menjalani puasa sebulan penuh pola makan akan lebih teratur dan terjaga, sehingga berat badan bisa terkontrol tanpa harus melakukan diet.

Mencegah diabetes

Diabetes disebabkan akibat kadar gula yang tinggi di dalam tubuh. Dengan berpuasa, kita bisa mengontrol asupan makanan manis yang masuk ke dalam tubuh. Sehingga penyakit diabetes dapat kita hindari.

Membuat ginjal lebih sehat

Ginjal berperan sebagai penyaring zat berbahaya yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Fungsi ginjal akan lebih maksimal jika kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Pada saat berpuasa, kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga fungsi ginjal akan lebih maksimal dan sehat. (Foto : Dok. suaramuslim.net)

 
TULISAN TERKAIT

JADWAL IMSAKIYAH

15 Desember 2018

Copyright © 2018 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.