Header Ramadhan Indischool

Orang-orang yang Diberi Kelonggaran Untuk Tidak Berpuasa

Selasa, 14 Juni 2016 - 13:16 403

Puasa ramadhan adalah wajib hukumnya bagi seluruh umat muslim, namun Allah SWT memberikan kemudahan bagi setiap umatnya. Ada beberapa orang yang dibolehkan untuk tidak berpuasa. Yuk kita bahas.

Orang-orangyang diperbolehkan untuk tidak puasa ramadhan namun wajib mengganti (qadha) di bulan lain, diantaranya:

Orang yang sakit namun masih ada harapan bisa disembuhkan.

Orang yang bepergian (musafir) boleh tidak berpuasa, namun jika merasa kuatboleh meneruskan puasadalam safarnya. Akan tetapi jika merasa lemah dan berat lebih baik berbuka, karena memaksakan diri untuk berpuasa hukumnya makruh.

“Siapa saja yang sakit atau dalam musafir (bolehlah ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain…” (Al-Baqarah:185.)

Orang mukmin yang diberi kelonggaran diperbolehkan untuk tidak mengerjakan puasa dan tidak wajib mengqadha, tetapi wajib fidyah (memberi makan sehari seorang miskin). Mereka adalah orang yang tidak lagi mampu mengerjakan puasa karena:

Umurnya sangat tua dan lemah.

Wanita yang menyusui dan khawatir akan kesehatan anaknya.

Karena hamil dan khawatir akan kesehatan dirinya.

Sakit menahun yang tidak ada harapan sembuh.

Orang yang sehari-hari kerjanya berat yang tidak mungkin mampu dikerjakan sambil puasa, dan tidak mendapat pekerjaan lain yang ringan.

“Maka ditetapkanlah kewajiban puasa bagi setiap orang yang mukim dan sehat dan diberi rukhsah (keringanan) untuk orang yang sakit dan bermusafir dan ditetapkan cukup memberi makan orang miskin bagi orang yang sudah sangat tua dan tidak mampu puasa” (HR. Ahmad, Abu Dawud, Al-Baihaqi).

“Wanita yang hamil dan wanita yang menyusui apabila khawatir atas kesehatan anak-anak mereka, maka boleh tidak puasa dan cukup membayar fidyah memberi makan orang miskin“ (HR. Abu Dawud).

 
TULISAN TERKAIT

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.