Header Ramadhan Indischool

10 Amalan Selama Puasa Ramadhan yang Dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW

Kamis, 9 Juni 2016 - 13:19 803

10 Hal yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wa salam selama bulan puasa Ramadhan:

1. Makan sahur dan mengakhirkannya.

Sahur itu penting loh, tubuh kita juga perlu asupan nutrisi yang seimbang loh agar kita kuat beraktifitas seharian. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan agar kita ummat nya melakukan sahur, duh perhatian banget ya beliau sama kita.

-Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Makan sahurlah karena sesungguhnya pada sahur itu terdapat berkah.”-(HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095)

Selain dianjurkan makan sahur, kita juga dianjurkan untuk mengakhirkan waktu sahur hingga menjelang adzan shubuh. Jadi sahurnya jangan jam 10 atau 12 malam ya guys, biar ga kelewatan juga sholat shubuh nya ;)

2. Menyegerakan berbuka puasa.

Nah kalo tadi sahurnya dianjurkan untuk diakhirkan sampai menjelang waktu adzan shubuh, sekarang kita dianjurkan juga untuk menyegerakan berbuka. Setelah berpuasa seharian, pastinya kan tubuh kita butuh asupan gizi.

Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka sebelum menunaikan sholat Maghrib dan bukanlah menunggu hingga sholat Maghrib selesai dikerjakan.

-Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata, "Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa sallam biasanya berbuka dengan ruthob (kurma basah) sebelum menunaikan sholat. Jika tidak ada ruthob, beliau berbuka dengan tamer (kurma kering), dan jika tidak ada yang demikian, beliau berbuka dengan seteguk air.”-(HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3: 164)

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini hasan shahih.

3. Berbuka dengan kurma atau dengan yang manis .

Hadits Anas di atas juga menganjurkan kita berbuka puasa dengan kurma loh gaes. Kurma yang dianjurkan adalah ruthob (kurma basah), kalo ga ada ruthob boleh makan tamr (kurma kering). Kalo ga ada kurma, boleh juga digantikan dengan makanan yang manis-manis. Di sini dianjurkan dengan yang manis-manis ketika berbuka karena yang manis umumnya mengandung gula yang mana merupakan sumber kalori sehingga semakin menguatkan orang yang berpuasa. Sedangkan berbuka puasa dengan air bertujuan untuk menyucikan atau menyegarkan. Nah kalo lagi di Mekah kita dianjurin buat berbuka dengan air zam-zam.

4. Berdoa ketika berbuka .

Gaes, gaees, tau ga sih kalo ketika berbuka adalah waktu terkabulnya do’a, karena itu adalah saat dimana orang yang berpuasa telah menyelesaikan ibadahnya dalam keadaan tunduk dan merendahkan diri. Saat berbuka puasa adalah salah satu waktu dimana doa kita tidak tertolak.

-Nabi Muhammad shollallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak:(1) Pemimpin yang adil, (2) Orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terzalimi.”- (HR. Tirmidzi no. 2526 dan Ibnu Hibban 16:396)

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

5. Menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa .

Pengen dapet bonus pahala? Tau ga gaes, kalo kita memberi makanan kepada orang yang berbuka puasa, kita bisa dapet pahala puasa sama seperti orang tersebut tanpa mengurangi pahala orang tersebut. Wuiih keren ya…

-Dari Zaid bin Kholid Al Juhani, Rasulullah shollallahu ‘alaihi wa salam bersabda, “Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.”-(HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5:192)

Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih.

6. Banyak melakukan sedekah .

7. Perbanyak berbuat baik kepada sesama .

8. Perbanyak sholat sunat .

9. Perbanyak dzikir.

10. Perbanyak I’tikaf terutama pada 10 malam terakhir.

Untuk poin nomor 6 sampai 10, simak hadits berikut ya gaes…

-Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling gemar melakukan kebaikan. Kedermawanan (kebaikan) yang beliau lakukan lebih lagi di bulan Ramadhan yaitu ketika Jibril ‘alaihis salam menemui beliau. Jibril ‘alaihis salam datang menemui beliau pada setiap malam di bulan Ramadhan (untuk membacakan Al Qur’an) hingga Al Qur’an selesai dibacakan untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam. Apabila Jibril ‘alaihi salam datang menemuinya, tatkala itu beliau adalah orang yang lebih cepat dalam kebaikan dari angin yang berhembus.”-(HR. Bukhari no. 1902 dan Muslim no. 2308)

Ibnul Qayyim rahimullah mengatakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam lebih banyak lagi melakukan kebaikan di bulan Ramadhan. Beliau memperbanyak sedekah, berbuat baik, membaca Al Qur’an, shalat, dzikir dan i’tikaf.” (Zaadul Ma’ad, 2:25)

Nah itu tadi 10 amalan yang dianjurkan dilakukan selama bulan puasa Ramadhan, mudah-mudahan puasa kita semua bisa lancar dan diterima sama Allah subhanahu wa ta’ala. Aamiin.

Baca juga:

(m/ram) 

JADWAL IMSAKIYAH

23 Oktober 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.