Header Ramadhan Indischool

Kultum Ramadhan 17 - Tiga Hal yang Merusak Keikhlasan

Senin, 6 Juni 2016 - 11:57 521

1. Riya

Seseorang melakukan suatu amalan atau ibadah agar dilihat orang lain. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: Sesungguhnya hal yang paling aku takutkan menimpa kalian yaitu syirik ashgor/kecil. Para sahabat bertanya: dan apakah yang dimaksud syirik ashgor itu ya Rasulullah? Nabi bersabda: Riya. HR Ahmad & dishahihkan albani.

2. Sum’ah

Penyakit ini adalah saudara kandung riya, tidak ada perbedaan diantara keduanya kecuali dari segi sarana. Riya dengan penglihatan sedangkan sum’ah dengan pendengaran.

Baca juga: Bahaya Lisan yang Lebih Cepat Dibanding Amalan

Sum’ah yaitu seseorang beramal atau beribadah agar didengar orang lain. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Barangsiapa yang beramal dengan sum’ah maka Allah akan perdengarkan manusia akan niatnya ini pd hari kiamat dan barangsiapa yang beramal dengan riya maka Allah akan memperlihatkan niat dia kepada manusia pada hari kiamat. HR Muslim.

3. Beribadah dengan tujuan dunia.

Contoh: orang yang berinfaq Rp 10,000 dengan tujuan agar mendapatkan Rp 7,000,000.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, 

“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna (sesuai dengan yang Allah kehendaki) dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS Hud (11) : 15-16)

Baca juga: Seperti Inilah Harusnya Seorang Muslim Ketika Hidup Di Dunia

(m/ram) 

JADWAL IMSAKIYAH

23 Oktober 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.