Header Ramadhan Indischool

Kultum Ramadhan 3 - Renungan (Umur)

Jumat, 3 Juni 2016 - 10:39 870

Kita hidup di dunia, tidak lama.. Rosululloh Shollallohu 'alaihi wasallam telah bersabda: 

Umur-umur umatku antara 60 hingga 70 tahun, dan sedikit orang yang bisa melampui umur tersebut. [HR. Ibnu Majah: 4236, Syeikh Albani mengatakan: hasan shohih]

Dan ternyata dalam waktu yang sebentar itu, kita memerlukan bekal yang banyak untuk mengarunginya.. bahkan kadang kita harus banting tulang demi mencari bekal untuk kehidupan ini.

Baca juga: Istighfar Membuka Jalan Kemudahan Bagi Segala Urusan

Jika untuk waktu +/- 70 tahun saja kita harus banting tulang untuk mencari bekalnya, lalu sudahkah kita banting tulang untuk kehidupan alam barzakh yang mungkin bisa sampai ribuan tahun?!

Setelah alam barzakh juga kita harus dibangkitkan dan hidup dalam waktu yang sangat lama, satu hari di alam barzakh setara dengan 50.000 tahun di dunia. Ingat, ketika itu tak ada yang berguna kecuali amal baik kita. Pada hari kita dibangkitan, tak ada pakaian, tak ada sandal, matahari hanya berjarak 1 mil dan tak ada naungan kecuali naunganNya.

Sungguh, kehidupan setelah kehidupan dunia ini jauh lebih lama, dan jauh lebih berat... tentu itu memerlukan usaha mengumpulkan bekal yang jauh lebih banyak dan jauh lebih intens.

Oleh karena itu, lihatlah diri kita masing-masing, sudahkah kita mempersiapkannya...?!

Allah Ta'ala berfirman (yang artinya) : 

Wahai orang-orang yang beriman, bertakwalah kalian kepada Allah, dan lihatlah diri masing-masing apakah yang sudah ia persiapkan untuk kehidupan esoknya (di akhirat). [Al-Hasyr: 18]

Baca juga: Bagaimana Sikap Seorang Muslim dalam Memandang Dunia

(m/ram) 

 

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.