Header Ramadhan Indischool

Mengatasi kulit kering saat berpuasa

Selasa, 7 Juni 2016 - 16:05 299

Di bulan puasa, masalah kulit kering sering terjadi, hal ini timbul akibat dari paparan suhu panas atau dingin yang terlalu ekstrem. Selain itu banyaknya aktivitas di luar ruangan juga bisa membuat kulit menjadi infeksi, luka dan rasa tidak nyaman. Pasti masalah ini membuat rasa percaya diri.

Untuk mengatasinya, sebagian besar orang biasa mengandalkan lotion agar kulit tidak kusam. Selain lotion ada beberapa cara yang bisa menjadikan kulit Anda sehat. Berikut tips yang bisa Anda lakukan. 

  • Konsumsi banyak air putih

Air putih sangat penting bagi kesehatan tubuh selain untuk menghindari dehidrasi juga mencegah kulit kering. Saat berpuasa kebutuhan air dapat tercukupi di waktu sahur dan setelah berbuka. Maka pastikan Anda memperoleh asupan air yang cukup, ditambah sayur-sayuran dan buah-buahan.

  • Konsumsi asupan vitamin A, C, dan E

Sebaiknya Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, C, dan E baik saat berbuka maupun sahur. Vitamin A terdapat pada hati sapi, wortel, brokoli, ubi jalar, kangkung, bayam, dan melon. Sedangkan vitamin C terdapat pada stroberi, jeruk, anggur, lemon, pepaya, kismis hitam, kiwi dan paprika. Untuk vitamin E, terkandung pada alpukat, kiwi, pisang, bayam, brokoli, dan tomat.

  • Gunakan masker wajah

Untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah, dengan cara pengelupasan kulit Anda bisa menggunakan masker wajah sari buah-buahan. Penggunaan masker tidak boleh berlebihan, minimal 2 kali seminggu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik atau wajah putih, gunakan masker pemutih wajah.

  • Gunakan sabun yang lembab

Saat mandi, sebaiknya Anda gunakan sabun yang lembab dan disarankan untuk menghindari penggunaan sabun dengan antiseptik atau wangi terlalu sering. Sebab, kandungan pelembabnya biasanya kurang dan bisa membuat kulit menjadi kering. Anda bisa membeli sabun yang memiliki kandungan pelembab tinggi di supermarket, warung, dsb. Lihat kemasan sabun akan terlihat tulisan 'mild' atau 'high moisturizer'.

  • Mandi dengan air dingin

Hindari mandi dengan air hangat karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering. Jika pada pagi hari Anda tidak kuat untuk mandi dengan air dingin, Anda bisa mencampurkan dengan air hangat namun pastikan suhunya tidak terlalu hangat. 

Sumber 

TULISAN TERKAIT

Liburan Menyenangkan Saat Berpuasa

Selasa, 28 Juni 2016 - 13:06

Atur Menu Buka Puasamu dengan Sehat

Selasa, 28 Juni 2016 - 10:43

Tips Agar Puasa Terasa Ringan

Jumat, 17 Juni 2016 - 11:52

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 14:28

Kiat Mendidik Anak untuk Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 11:35

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 9:09

Mengatasi kulit kering saat berpuasa

Selasa, 7 Juni 2016 - 16:05

12 Tips Sehat Puasa Ramadhan

Senin, 6 Juni 2016 - 14:15

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.