Header Ramadhan Indischool

Tips Agar Puasa Terasa Ringan

Selasa, 23 Oktober 2018 - 0:39 502

Berpuasa selama bulan ramadhan tidaklah berat jika kita mengerjakannya dengan ikhlas lillahita’ala. Ada beberapa cara agar puasa menjadi terasa ringan lho! Berikut adalah beberapa cara agar puasa terasa ringan yang harus dicoba.

Makan sahur dengan waktu yang tidak mepet

Sebaiknya makan sahur dilakukan tidak mendekati waktu imsak atau adzan subuh, dengan begitu kita dapat makan makanan dengan tidak tergesa-gesa. Karena makan dengan tergesa-gesa tidak baik untuk tubuh, tubuh perlu kerja keras untuk mencerna makanan yang dimakan dengan tergesa-gesa.

Makan sahur dengan tidak berlebihan

Makan sahur berlebihan dapat membuat kita cepat lelah dan mengantuk. Makan sahur yang baik adalah makan secukupnya dan makan makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti kabohidrat, protein, vitamin, serta mineral.

Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks adalah jenis karbohidrat yang tidak langsung dicerna oleh tubuh, yang tersusun dari rangkaian kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi tubuh. Karbohidrat komplek akan membuat kita merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar saat berpuasa. Makanan dengan karbohirat kompleks diantaranya beras merah, gandum,oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, ubi, kacang merah, kedelai, kacang polong, dll.

Konsumsi makanan berprotein

Saat berpuasa perbanyak makanan yang mengandung protein karena selain bermanfaat agar kita tidak mudah merasa lapar, juga dapat mencegah katabolisme (penyusutan) otot. Makanan yang termasuk berprotein tinggi diantaranya : putih telur, ikan, ayam, daging, dan kacang-kacangan.

Konsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Lemak baik bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah resiko penyakit jantung serta menjadi sumber energy. Lemak baik dapat ditemukan pada ikan, alpukat, kacang-kaangan, dan minyak zaitun.

Kurangi makanan dengan kandungan garam tinggi

Konsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi akan menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi dan lebih cepat merasa lapar. Mengurangi konsumsi garam juga bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

Cukupi kebutuhan cairan

Minum air putih minimal 8 gelas perhari adalah kewajiban untuk memenuhi kebutuhan cairan bagi tubuh kita. Minum 8 gelasnya bisa dicicil saat sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur ya.

Lakukan olahraga ringan

Berpuasa bukan berarti puasa olahraga juga. Agar tubuh tetap sehat dan bugar, tetap lakukan olahraga ringan secara rutin. Olahraga ringan bisa dilakukan 15 menit sebelum waktu berbuka puasa ya.

Segerakan berbuka jika waktunya telah tiba

Setelah seharian berpuasa, tubuh sangat membutuhkan nutrisi untuk proses metabolisme secara normal kembali. Segerahlah berbuka jika waktunya sudah tiba dengan minum dan makan secukupnya. Jangan berlebihan saat berbuka puasa agar ibadah solat maghrib, isya, dan tarawih bisa dijalankan dengan nyaman ya.

Demikian lah beberapa tips yang dapat kamu lakukan agar puasa terasa lebih ringan. Semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah ramadhan ya. (Foto: Dok. Shutterstock)

TULISAN TERKAIT

Liburan Menyenangkan Saat Berpuasa

Selasa, 28 Juni 2016 - 13:06

Atur Menu Buka Puasamu dengan Sehat

Selasa, 28 Juni 2016 - 10:43

Tips Agar Puasa Terasa Ringan

Jumat, 17 Juni 2016 - 11:52

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 14:28

Kiat Mendidik Anak untuk Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 11:35

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 9:09

Mengatasi kulit kering saat berpuasa

Selasa, 7 Juni 2016 - 16:05

12 Tips Sehat Puasa Ramadhan

Senin, 6 Juni 2016 - 14:15

JADWAL IMSAKIYAH

23 Oktober 2018

Copyright © 2018 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.