Header Ramadhan Indischool

Tips Agar Tidak Terlambat Bangun Sahur

Senin, 6 Juni 2016 - 8:58 354

Saat bulan ramadhan kadang kala kita mengalami kesulitan untuk bangun sahur. Rasa kantuk mengalahkan keinginan kita untuk santap sahur, itu sudah menjadi hal yang sering terjadi. Namun jika tidak sahur, ada kemungkinan kamu bisa tidak kuat menjalankan puasa penuh szasmpai adzan maghrib. Selain itu kesehatanmu juga bisa terganggu. Jadi bagaimana biar gak telat bangun sahur ya? Ikuti tips berikut yuk!

Makan secukupnya saat berbuka

Saat berbuka, sebaiknya kamu perlu menjaga pola makan dengan tidak mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Karena makan berlebihan akan membuat kita mengantuk dan tubuh harus bekerja keras untuk mencerna makanan. Perut yang terlalu kenyang akan membuat kita tidur nyenyak saat malam hari, Teman. Akan lebih baik jika kamu berbuka puasa dengan porsi makan yang cukup dan tidak sampai kekenyangan, selain tidak bikin ngantuk juga membuat tubuh menjadi sehat.

Pasang alarm sebelum tidur

Sebelum tidur, jangan lupa untuk selalu memasang alarm untuk membantu membangunkanmu dari tidur. Bila kamu sulit untuk bangun, kamu bisa menaruh alarm disamping tempat tidur supaya ampuh untuk bangun. Selain alarm statis, kamu juga bisa minta bantuan teman atau keluarga untuk membangunkanmu supaya tidak telat sahur.

Siapkan makanan cepat saji

Tidak semua orang sempat masak, apalagi bila kita tinggal sendiri. Anak kost, misalnya. Kamu bisa menyiapkan makanan cepat saji atau tanpa dimasak. Misalnya, roti isi daging, kurma, pisang, susu, air. Bila perlu tambahan siapkan madu dan vitamin untuk ekstra tenaga ya.

Jangan tidur terlalu malam

Jika tubuhmu sudah mengirim sinyal mengantuk, sebaiknya segera tidur. Jangan malah begadang dan membuat tubuhmu menjadi lelah. Tidur dalam kondisi tubuh yang terlalu lelah akan membuat kamu sulit bangun setelah terlelap.

Hindari minum minuman berkafein

Supaya tidak telat sahur, hindari minuman yang mengandung kafein saat berbuka puasa. Zat ini tidak hanya terkandung dalam kopi, tapi juga makanan dan minuman lain serta beberapa jenis obat.

Nah, hal-hal di atas harus bisa kamu lakukan supaya tidak terlambat untuk bangun sahur ya. Semoga bermanfaat, Teman.

TULISAN TERKAIT

Liburan Menyenangkan Saat Berpuasa

Selasa, 28 Juni 2016 - 13:06

Atur Menu Buka Puasamu dengan Sehat

Selasa, 28 Juni 2016 - 10:43

Tips Agar Puasa Terasa Ringan

Jumat, 17 Juni 2016 - 11:52

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 14:28

Kiat Mendidik Anak untuk Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 11:35

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 9:09

Mengatasi kulit kering saat berpuasa

Selasa, 7 Juni 2016 - 16:05

12 Tips Sehat Puasa Ramadhan

Senin, 6 Juni 2016 - 14:15

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.