Header Ramadhan Indischool

Tips Berbuka Puasa Untuk Ibu Hamil

Senin, 6 Juni 2016 - 13:56 280

Umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa di bulan ramadhan, namun ada beberapa yang tidak di wajibkan salah satunya adalah ibu yang sedang hamil dan menyusui. Di dalam hukum Islam pun, ibu hamil tidak diwajibkan berpuasa jika mereka benar-benar tak mampu melaksanakannya.

Lain halnya, bila ibu tidak mengalami gangguan atau gangguan yang dialami cukup ringan, maka dibolehkan untuk berpuasa. Hanya saja, ibu harus memerhatikan asupan nutrisinya agar tetap optimal. Dengan kata lain, bagaimana caranya agar asupan nutrisi yang hilang di siang hari bisa tergantikan di waktu lain, karena janin tidak boleh ikut berpuasa dan tetap harus menerima asupan nutrisi sesuai porsi kebutuhannya. Jika asupan nutrisinya kurang, pertumbuhan janin bisa terganggu.

Untuk itu, atur menu gizi seimbang yang dibutuhkan ibu hamil saat makan sahur, buka puasa, dan camilan selingan di malam hari. Dengan demikian, kondisi ibu tetap fit dan janin pun bisa tumbuh optimal. Asupan gizi yang dibutuhkan ibu hamil sedikit berbeda dari sebelum hamil, karena ada beberapa menu yang harus ditingkatkan porsinya.

Tak heran kalau menjelang buka puasa, berbagai makanan disiapkan karena perut terasa sangat melilit. Apalagi menjalani puasa saat hamil/menyusui, pastilah lebih lapar/haus karena asupan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga harus dibagi dengan janin/anak yang sedang disusui.

Berikut tips berbuka puasa yang sehat:

  • Awali buka puasa dengan makanan yang hangat dan manis. Sebaiknya jangan langsung minum es karena bisa menyebabkan kembung akibat produksi asam lambung yang meningkat. Tetapi, bila wanita hamil/menyusui harus membatasi makanan/minuman manis, sebaiknya pilih pemanis yang aman.
  • Jangan langsung makan makanan berat. Sebaiknya berikan jeda dengan shalat Maghrib terlebih dahulu, sehingga sistem pencernaan tidak serta-merta dipaksa bekerja keras setelah beristirahat seharian.
  • Disarankan mengonsumsi makanan tinggi serat, seperti sayur dan buah, saat berbuka puasa. Makanan tinggi serat akan dicerna dalam waktu lama sehingga lambung bisa bersiap secara bertahap.
  • Sebaiknya jangan berbuka sampai kekenyangan sebab hanya akan mengundang kantuk.
  • Pola makan 3 kali sehari tetap bisa dilakukan dengan makan makanan ringan, seperti roti, puding, atau makanan kecil setelah shalat tarawih atau sekitar pukul 9 malam.
  • Perbanyak minum air putih di malam hari. 
TULISAN TERKAIT

Liburan Menyenangkan Saat Berpuasa

Selasa, 28 Juni 2016 - 13:06

Atur Menu Buka Puasamu dengan Sehat

Selasa, 28 Juni 2016 - 10:43

Tips Agar Puasa Terasa Ringan

Jumat, 17 Juni 2016 - 11:52

Tips Agar Kulit Tetap Sehat Saat Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 14:28

Kiat Mendidik Anak untuk Berpuasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 11:35

Tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Rabu, 8 Juni 2016 - 9:09

Mengatasi kulit kering saat berpuasa

Selasa, 7 Juni 2016 - 16:05

12 Tips Sehat Puasa Ramadhan

Senin, 6 Juni 2016 - 14:15

JADWAL IMSAKIYAH

21 Agustus 2017
IMSAK SUBUH DZUHUR
ASHAR MAGRIB ISYA

Copyright © 2017 Indischool - Indonesia Digital School.
All rights reserved.